Imigrasi
Petugas Imigrasi Blitar mengecek dokumen mahasiswa.

Tulungagung (Jatimsmart.id) – Imigrasi Klas II Non TPI Blitar, menggandeng Dinas Kesehatan melakukan pengecekan dokumen dan kesehatan mahasiswa asing di Kabupaten Tulungagung.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Non TPI Blitar, Andika Pandu Kurniawan mengatakan, pengecekan dan pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah masuknya Novel Corona Virus ke Indonesia. Sebelumnya mereka sudah melakukan pengecekan terhadap 16 Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok, Hongkong dan Taiwan di Tulungagung.

“Untuk pemeriksaan kali ini kita fokus terhadap mahasiswa yang sedang menempuh study di sini,” ujarnya, Kamis (13/2). Terlebih, saat melakukan pengecekan, Imigrasi menemukan mahasiswa asal Thailand yang baru saja tiba di Indonesia.

Namun demikian, menurut Satrio Wibowo, petugas Dinas Kesehatan, suhu tubuh mahasiswi ini normal. Pihaknya tetap akan melakukan pemantauan kesehatan, hingga beberapa hari kedepan.

“Kita sudah menyampaikan kalau mahasiswi ini mengeluhkan demam atau penyakit lain bisa segera hubungi tim medis untuk dilakukan pemeriksaan,” terangnya.

Sementara itu, sesuai data keimigrasian terdapat 170 WNA yang berada di Tulungagung. Dari jumlah tersebut sebanyak 106 diantaranya berasal dari Thailand dan berstatus sebagai mahasiswa IAIN Tulungagung. Meskipun temuan kasus Novel Corona Virus di negara Gajah Putih ini tak sebanyak Tiongkok, namun petugas tetap melakukan langkah antisipatif. (ydk/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here