Godong Kelor
Ilustrasi Daun Kelor Sumber GenPI.co

Nganjuk (Jatimsmart.id) – Daun atau godong Kelor selama ini cukup akrab digunakan dalam sebuah ritual atau ramuan tradisional. Namun, di Kabupaten Nganjuk, daun berbentuk bulat kecil ini menjadi santapan nikmat yang dipercaya ampuh menurunkan darah tinggi dan kolesterol.

Warung sederhana milik Sulastri di Pasar Sambikenceng, Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk ini menyajikan Botok Godong Kelor sebagai menu utamanya. Botok adalah makanan tradisional yang cara penyajiannya menggunakan bungkusan daun pisang.

Sudah 20 tahun warung ini menjajakan masakan tradisional yang terkenal bisa menjadi obat alternatif bagi beberapa penyakit. Diantaranya menjaga kadar gula, menurunkan kolesterol, membantu mengatasi kanker dan meningkatkan daya ingat. Daun kelor juga diyakini sebagai sumber vitamin dan antioksidan tinggi.

BACA JUGA :

Tak banyak warung yang memiliki Botok Godong Kelor. Hanya Sulastri yang masih setia dengan menu andalannya ini.

Sulasti mengaku mengaku berjualan Botok Godong Kelor untuk menolong orang-orang yang menderita kolesterol dan darah tinggi, karena menurutnya di jaman sekarang ini gampang sekali seseorang bisa terkena kolesterol mau muda ataupun tua.

Jika hujan datang Sulastri tidak dapat berjualan dan jika hari sudah petang dia membersihkan dan menutup warungnya sendiri semenjak suaminya tiada.

“Menawi jawah, Kulo mboten saget dodolan. Boyoke sampun sakit nek damel mbeto dodolan (Kalau hujan, saya tidak bisa jualan. Pinggang sudah sakit kalau untuk bawa dagangan, red)” kata perempuan berusia 70 tahun ini.

Dia mengaku sudah terlalu tua untuk bekerja seberat ini. Namun, ini jalan hidup yang harus ditempuhnya.

Sulastri mengaku senang berjualan di kawasan pasar Sambikenceng karena dapat melihat orang-orang berlalu lalang didepannya. Warung Sulastri terletak tepat 15 meter sebelum gardu pintu masuk pasar Sambikenceng, atau jika dari arah timur bisa langsung lurus sekitar 100 meter dari arah kantor Polisi. Warung ini tepat disebelah kanan jalan. (faiz/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here