Bawang Putih
Suasana pasar di Kabupaten Nganjuk.

Nganjuk (Jatimsmart.id) – Harga bawang putih di Kabupaten Nganjuk melambung tinggi, hingga di angka Rp. 50.000/Kg. Kenaikan harga ini terjadi sejak sepekan terakhir, yang mengakibatkan lesunya penjualan.

Harga bawang putih tersebut terjadi di kalangan penjual sayur di Kabupaten Nganjuk. Sedangkan di pasar grosir Sukomoro, Kecamatan Sukomoro, harga bawang mencapai Rp. 43.000/Kg. Harga tersebut naik 80 persen dibanding harga normal.

BACA JUGA :

“Biasanya ya Rp. 23.000/Kg – Rp. 25.000/Kg,” kata Joko Susilo, pedagang.

Sementara itu, akibat kenaikan harga komoditi ini, penjualan di Pasar Sukomoro mengalami kelesuan. Pembeli sangat sepi. Di saat harga normal, penjualan mencapai 2 ton per harinya. Namun, sejak mengalami kenaikan, penjualan tidak sampai 1 ton per harinya.

Menurut pedagang, naiknya harga bawang putih ini ditengarai karena menipisnya stok impor dari China ke Indonesia. Sebab, sejak mencuat kasus virus corona bursa impor bawang terganggu.

BACA JUGA :

Namun, demikian stok untuk penjualan hingga satu bulan masih masuk kategori aman. Hingga kini kebutuhan untuk mencukupi pembeli masih tersedia di toko grosir pedagang. (ap/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here