Persebaya
Joko Susilo saat memberikan keterangan pers usai laga Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya.

Bangkalan (Jatimsmart.id) – Juara bertahan Persik Kediri takluk 1-3 atas Persebaya Suarabaya, di laga pembuka Piala Gubernur Jawa Timur, di Gelora Stadion Bangkalan, Jawa Timur. Senin (10/2).

Tiga gol Bajul Ijo dicetak masing-masing oleh Supriadi (19′), Hambali Tholib (42′) dan Alwi Slamat (45+1′) dari titik putih. Sementara gol balasan dari Macan Putih dicetak oleh pemain asing anyar mereka Ante Bakmaz, melalui tandukan kepalanya usai turun minum.

“Babak pertama saya kasih judul ‘Selamat Datang Liga 1’,” demikian Joko Susilo, Pelatih Persik Kediri menggambarkan kekalahan tersebut.

Menurut Joko, laga ini seakan memberikan pelajaran bagi timnya yang mayoritas dihuni pemain muda, skuad lama bekas Liga 3 2018 dan Liga 2 2019.

“Tadi rata-rata pemain kami, pemain lama saat juara Liga 2, Liga 3, baru merasakan ketemu secara resmi dengan tim Liga 1. Alhamdulillah babak kedua kita lebih baik. Kita cetak gol. Harusnya ada dua atau tiga peluang harusnya jadi gol, tapi nggak papa,” terang pelatih yang akrab disapa Gethuk ini.

Lebih lanjut, menurut Gethuk dalam laga itu, ia hanya memainkan 50 persen kekuatannya. Praktis hanya Bakmaz yang dimainkan, dengan kondisi terpaksa akibat tak siapnya stok dilini pertahanan. Sementara jasa Gaspar Vega dan Patrik Bordon yang baru tiba, Minggu (9/2) malam di Surabaya sangat riskan untuk dimanfaatkan. Sehingga Joko juga menyebut, hari ini Macan Putih bermain tanpa striker.

“Tadi malam 80 persen, kalau saya menyebutnya 4 pemain asing saya belum datang, kalau bermain 10 orang 11 orang ya saya memakai kekuatan 60 persen. Ditambah kita belum latihan jadi 50 persen,” jelas Joko.

Namun, kondisi ini tentu tak bisa dimaklumi begitu saja. Joko harus segera bergerak melakukan evaluasi terhadap timnya. Terlebih tiga gol dari anak asuh Aji Santoso tercipta murni akibat kesalahan pemain belakangnya.

“Kita yakin kita akan siap di Liga 1, krena target kita di Liga 1. Yang penting kita tau apa yang harus diperbaiki, meski dengan waktu yang sangat mepet,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Persik berada di Grup A bersama Persebaya Surabaya, Madura United dan Bhayangkara FC. Di Laga kedua, Rabu (12/2) nanti, Persik akan melawan tim kuat Madura United. Persik wajib menang untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya. (ydk/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here