Yonif Mekanis 521
Letnan Kolonel Infanteri Andi A. Wibowo, Komandan Yonif 521/Dadaha Yudha Kediri bersama ibu menanam langsung bibit alpukat.

Kediri (Jatimsmart.id) – Memasuki musim penghujan, Batalyon Infanteri Yonif Mekanis 521/ Dadaha Yudha Kediri bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur memanfaatkannya untuk menanam ratusan bibit alpukat di area markas. Selain menggantikan tanaman yang telah berusia tua, penghijauan itu dilakukan untuk mengembangkan buah alpukat dari varietas unggul yang lebih produktif.

Letnan Kolonel Infanteri Andi A. Wibowo, Komandan Yonif 521/Dadaha Yudha Kediri menanam langsung bibit alpukat varietas unggul ini, di halaman markasnya. Sedikitnya ada 200 bibit buah alpukat jenis Aligator dan beberapa jenis lain, ditanam bersama Kepolisian, Dinas Kehutanan Jawa Timur, serta kelompok tani dan masyarakat di Kota dan Kabupaten Kediri.

“Kebetulan di Batalyon kita tanaman sudah berusia tua semua, dari tahun 60an-70an. Jadi ini kita tanam ulang, penghijauan dengan beberapa varietas alpukat bantuan dari Dinas Kehutanan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk masyarakat dan satuan,”  kata Letkol Inf Andi, Jumat (31/1).

Selain menggantikan varietas buah mangga yang sudah telah berusia tua, gerakan penghijaun tersebut juga untuk mengembangkan buah alpukat varietas unggul yang lebih produktif.

“Mudah-mudahan cocok dengan tanah di Bataylon,” harapnya.

Yonif Mekanis 521
Gerakan penghijauan penanaman bibit alpukat unggul

Sementara itu, Ali Imron, Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur Cabang Trenggalek mengatakan, bibit alpukat yang ditanaman telah tersertivikasi dan memiliki keunggulan dalam menyerap nutrisi tanah, serta daging buah yang tebal.

“(Alpukat) ini keunggulannya, daya menyerap unsur hara nutrisi dari tanah hebat. Perkembangan akar bagus. Yang paling penting buahnya, daging buahnya tebal. Karena ini termasuk alpukat unggul yang sudah terverifikasi,” terang Ali.

BACA JUGA :

Dinas Kehutanan kini tengah mengembangkan 25.000 bibit alpukat unggulan itu untuk menciptakan kawasan sentra buah alpukat di Jawa Timur.  Di Kabupaten Kediri, tanaman ini terpusat di Kecamatan Kepung.

Yonif Mekanis 521/DY Kediri berencana menambah 400aan bibit buah alpukat untuk penghijauan selanjutnya. Mereka juga akan menanam bibit jeruk dengan sistem tumpang sari disela tanaman alpukat tersebut. Dalam rangka mengembangkan buah ini, pihak Yonif 521/DY bekerjasama dengan Dinas Kehutanan mulai dari bimbingan pembibitan, penanaman, pemupukan, perawatan serta panen hasil nantinya. (ydk/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here