Virus Corona
Bambang Triyono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Kediri (Jatimsmart.id) – Virus Corona masih menjadi perbincangan serius di dunia Internasional. Wabah virus dari Wuhan, Tiongkok ini dikabarkan telah menyebar di 17 Negara.  Mengantisipasi hal itu, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap merebaknya virus ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, dr Bambang Triyono Putro mengatakan, telah mengimbau langsung seluruh rumah sakit di Kabupaten Kediri untuk segera melaporkan adanya tanda-tanda virus itu.

“Rumah sakit Pemerintah atau Swasta sudah diimbau untuk melakukan surveylans secara ketat terhadap kunjungan kasus batuk dan demam yang disertai sesak nafas. Terlebih didukung dengan riwayat kunjungan ke Tiongkok,” kata dr Bambang.

Pihaknya juga menyiapkan ruang isolasi untuk menampung pasien suspect Virus Corona dan segera malor ke Dinas Kesehatan, Kabupaten Kediri.

“Sosialisasi lintas sektor terkait dan masyarakat mulai kami galakkan,” terangnya. Juga imbau Puskesmas, Puskesdes dan Klinik Kesehatan Faskes 1 untuk bersiap.

Bambang mengimbau masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat untuk menghindari penyakit ini. Menurutnya usaha kecil seperti mencuci tangan dengan sabu, serta makan makanan yang sehat dan bergizi.

“Pemeriksaan akan penting membantu kita untuk pendataan, pencegahan penyakit akibat Virus Corona,” pungkasnya. (ad/adv/kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here