Proyektil
Evakuasi proyektil dan ranjau darat oleh Tim Jibom (Jinak Bom) Kompi 1 Yon C Pelopor Sat Brimob Polda Jatim.

Kediri (Jatimsmart.id) – Buruh tani di Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri menemukan bahan peledak berupa proyektil dan ranjau darat. Benda ini diduga sebagai peninggalan zaman perang.

Tim Jibom (Jinak Bom) Kompi 1 Yon C Pelopor Sat Brimob Polda Jatim melakukan evakuasi terhadap temuan benda berkarat yang di perkirakan sebagai bahan peledak standar TNI, di pekarangan milik Kasa’i (65) di Dusun Jarak Kidul, Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Senin (13/1).

Handak ini ditemukan pertama kali oleh Moh. Rifa’i (32) buruh tani saat penggalian tanah di pekarangan milik Kasa’i. Sabtu (11/1). Saat mencangkul Rifa’i tidak sengaja mengenai benda keras yang diduga besi berkarat. Berbentuk bulat dan lonjong, yang belakangan diketahui berjenis proyektil dengan ukuran panjang 29,5 Cm dan diameter 9,5 Cm. Serta ranjau darat dengan ukuran diameter 18,5 Cm dan tinggi 7 Cm. Benda ini diduga sebagai peninggalan zaman perang di masa penjajahan Belanda.

Proyektil
Salah satu bahan peledak yang ditemukan di Kediri.

“Untuk sementara handak tersebut kita amankan dengan cara ditanam di pekarangan samping Polsek Plosoklaten sambil menunggu Tim Gegana dari Sat Brimob Polda Jatim,” kata AKP Purnomo, Kasubbag Humas Polres Kediri.

Selanjutnya, Polsek Plosoklaten akan mengajukan Disposal ke Gegana Sat Brimob Polda Jatim untuk  penanganan selanjutnya. (ydk/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here