Kota Santri
ilustrasi Jombang (foto : Erlinda Rahma Lukistaningrum - UMM)

Jombang (Jatimsmart.id) – Sebagai bagian dari Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Jombang akrab dengan sebutan Kota Santri. Bukan tanpa alasan, banyak sekolah pendidikan Islam atau Pondok Pesantren berdiri di wilayah ini. Bahkan ada yang mengatakan Jombang adalah pusat pondok pesantren di Tanah Jawa. Sebab, hampir seluruh pendiri pesantren di Jawa pasti pernah berguru di Kota yang berbatasan dengan Kabupaten Kediri ini. Diantaranya yang terkenal adalah Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, dan Darul Ulum (Rejoso).

Banyak tokoh terkenal Indonesia yang dilahirkan di Kabupaten Jombang. Diantaranya adalah Presiden Republik Indonesia ke-4, KH Abdurrahman Wahid, Semaun, Abu Bakar Ba’asyir, pahlawan nasional KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim. Tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid, budayawan Emha Ainun Najib serta seniman Cucuk Espe.

Konon, kata Jombang merupakan akronim dari kata berbahasa Jawa yaitu ijo (Hijau, Red) dan abang (Merah, Red). Warna hijau mewakili kaum santri (Agamis), dan merah mewakili kaum abangan (nasionalis, kejawen). Kedua kelompok tersebut hidup berdampingan, dan harmonis di Kabupaten Jombang. Bahkan kedua elemen ini digambarkan dalam warna dasar lambang daerah yang berada di bagian tengah Jawa Timur.

Sebutan Kota Santri, terus menjadi magnet bagi para santri yang berbondong-bondong untuk menggali ilmu agama di Jombang ini. Bahkan ada banyak yang sudah mengabdi didalam dalem pondok pesantren untuk mendapatkan barokah ilmu dari para kyai atau ngalap ilmu.

“Jombang ini unik, karena dari berbagai sudut pandang dapat melihat berbagai agama dan suku ras. Karena perbedaan itulah yang menyatukan kita karena di Jombang adalah pusat belajar untuk semua kalangan yang berbeda dari semua penjuru kota,” kata Miftakul Ula, mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari Jombang.

“Selain itu, kita tidak hanya mengenal orang yang ada di jombang saja, tetapi juga dapat kenal dengan orang diberbagai kota yang berbeda bahkan provinsi pun juga berbeda, seperti Palembang, Cirebon, Riau, Depok, Bogor, Bekasi dan lainnya,” imbuhnya

Ditengah keramahan masyarakat Jombang, berdiri kokoh Masjid Agung yang merupakan masjid terbesar di kota ini. Masjid Agung menjadi  icon dari Kota Santri. Masjid megah dengan arsitektur menawan ini merupakan kebanggan dari Kota Santri

Mereka yang tengah menikmati kehangatan Kabupaten Jombang ini juga dapat menikmati bermacam-macam makanan khasnya yang tersedia di Alun-alun didepan Masjid Agung ini. (tul/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here