Slumbung
Ilustrasi Buah Manggis/ (foto : SehatQ)

Blitar (Jatimsmart.id) – Manggis di sejumlah daerah di Kabupaten Blitar memasuki musim panen. Diantaranya para petani di Desa Slumbung, arah utara menuju wilayah Pujon, Kabupaten Malang.

Manggis di Desa di Kecamatan Gandusaru, Kabupaten Blitar ini dikenal manis, diantara manggis yang ada. Sehingga warga sekitar menyebutnya Si Hitam Manis dengan kualitas ekspor.

Di Desa ini hampir semua lahan dipenuhi dengan hamparan tanaman Manggis. Tidak hanya dilahan perkebunan, di sisi-sisi rumah pun tumbuh pohon berbuah ini.

Menurut Edi, salah satu petani Manggis di Desa Slumbung, sudah bukan menjadi rahasia bahwa manggis asal Desa ini memiliki rasa khas dibanding Manggis yang ada.

“Selain manis, biji buahnya terlihat lebih putih dan kandungan airnya lebih  banyak. Karena itu warga sering nyebutnya Si Hitam Manis,” kata Edi. Edi sendiri memiliki puluhan pohon manggis di lahan seluas 1.500 meter persegi.

Selain itu, Si Hitam Manis ini memiliki kualitas ekspor yang diminati sejumlah negara. Seperti Thailand, Vietnam, dan Hongkong.

Namun sayang, saat pergantian musim seperti sekarang ini hasil panen kapasitas buah Manggis berkurang karena rontok. Untuk tetap menikmati hasilnya maksimal,  petani harus harus lebih ekstra melakukan perawatan. Agar Manggis kuat dan tahan penyakit karena hujan. (yud/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here