Goa gong
Pesona Goa Gong Pacitan (foto : ig : @Yunaidijoepoet)

Pacitan (Jatimsmart.id) – Pesona Goa Gong di Kabupaten Pacitan, mungkin bisa menjadi alternatif pilihan untuk menghabiskan masa libur di akhir tahun 2019 ini. Keindahan salah satu gua, di kota 1001 gua ini, merupakan gua terindah di Pulau Jawa. Bahkan disebut-sebut terindah di Asia Tenggara.

Secara geografis, Goa Gong berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Gua ini berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Pacitan ke arah barat (arah Wonogiri).

Untuk menelusuri dan menikmati keindahan Goa Gong, pengunjung tak perlu merogoh kocek yang dalam. Hanya dengan Rp. 5.000 per orang, wisatawan dapat dengan bebas menjelajahi pesona goa. Pengeluaran lain mungkin akan dilakukan untuk menyewa senter Rp. 5.000, sebagai penerangan tambahan di dalam gua yang gelap. Untuk lebih mendalaminya, pengunjung bisa menyewa jasa guide, Rp 30.000. Selain itu anda hanya harus mengeluarkan ongkos untuk biaya parkir kendaraan yang murah.

Memasuki Goa Gong, pengunjung akan disambut formasi stalaktit dan stalakmit yang indah. Dibantu penerangan yang cukup pengunjung dapat masuk lebih dalam menyusuri lorong gua sepanjang 256 meter tersebut. Di ujung lorong, pengunjung akan menemukan alasan kenapa gua Gong disebut sebagai gua terindah se-Asia Tenggara. Sebuah ruangan yang membentuk kubah raksasa sepanjang 100 m, dengan lebar 15 hingga 40 meter dan tinggi antara 20-30 meter akan membuat anda berdecak kagum.

Stalaktit dan stalakmit dengan aneka bentuk dan ukuran menghiasi seluruh penjuru ruangan. Beberapa diantaranya bahkan diberi nama karena untuk mengabadikan keindahannya seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dan lain sebagainya.

Untuk menjelajahi seluruh lorong dan bagian dalam gua, pengunjung memerlukan waktu sekitar 2 jam. Namun, waktu yang panjang itu tidak akan terasa dan melelahkan. Karena pengunjung akan dibuat takjub akan keindahan yang gua dengan cahaya lampu yang warna-warni. Pengunjung juga tak perlu khawatir ketika menjelajahi gua ini. Karena Pemerintah Kabupaten Pacitan telah menambah prasarana di dalam gua seperti tangga, pagar pengaman, penerangan dan kipas angin untuk memudahkan penelusuran. Tapi tetap harus berhati-hati!

Di dalam Goa Gong terdapat beberapa ruangan. Ruang-ruang tersebut yaitu Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer. Ruang Pertapaan dan Ruang Batu Gong. Salah satu ruangan dalam gua pernah digunakan sebagai tempat konser musik yang disiarkan langsung di empat negara dalam rangka mempromosikan potensi Gua Gong.

Selain keindahan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi ruangan gua ada juga mata air (sendang) yang menurut penuturan warga sekitar memiliki kekuatan magis untuk menyembuhkan beragam penyakit bagi mereka yang mempercayainya. Mata air itu antara lain Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto.

Tunggu apalagi? Segera jelajahi setiap jengkal Goa Gong, dan anda tidak akan pernah menyesalinya! (mif/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here