Ikan Cupang
Saat komunitas ikan hias di Kediri membagikan ribuan ikan gratis ke pengguna jalan di simpang Kantor Bupati Kediri.

Kediri (Jatimsmart.id) – Peringati Hari Ikan Nasional 2019, sebuah komunitas peternak ikan hias di Kabupaten Kediri, membagikan ribuan Ikan Cupang gratis. Rabu (20/11). Selain untuk mengenalkan ikan hias ke masyarakat, juga membantu program Pemerintah dalam pemberantasan penyakit demam berdarah.

Bagi-bagi ikan gratis ini dilakukan oleh para peternak ikan hias yang tergabung dalam komunitas Kediri Betta Club (KBC), bersama Dinas Perikanan setempat di simpang tiga Kantor Bupati Kediri. Sedikitnya ada 2000 ekor Ikan Cupang serta 4000 ikan komet dibagikan ke pengguna jalan yang melintas.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh masyarakat. Mereka cukup antusias menerima ikan gratis ini. Yusuf Saputro. Ketua Kediri Betta Club  mengatakan, kegiatan bagi-bagi Ikan Cupang gratis ini dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional 2019 yang jatuh tepat 21 November. Para peternak ingin memperkenalkan ikan cupang ini ke masyarakat luas.

“Tujuan utamanya mengenalkan. Karena ini ikan hias, sifatnya hobi. Masyarakat membeli bukan untuk dimakan, tapi untuk hiasan. Tentu ini (ikan cupang) harus terus disosialisasikan agar masyaraat tau, bahwa perkembangannya pun sudah sedemikian maju,” kata Yusuf.

Lebih jauh, kegiatan tersebut juga membantu program Pemerintah mengatasi penyakit demam berdarah, melalui pengendalian alami jentik nyamuk Aedes Aegypti menggunakan hewan pemangsa tersebut.

Sementara sejauh ini, di Kabupaten Kediri produksi ikan hias seperti Cupang, Komet dan Koi tercatat mencapai 250 ribu juta ikan pertahun. Produksi tersebut telah di ekspor ke sejumlah negara, diantaranya India dan Arab Saudi. (ydk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here