Seni rupa
Sejumlah lukisan dipamerkan dalam pameran seni rupa di Tulungagung.

Tulungagung (Jatimsmart.id) – Sejumlah perupa dari Organisasi Kesenian Tanpa Nama (ORKESTANAM) menggelar pameran seni rupa, di halaman patung RA Kartini, muka Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung. 35 lukisan dari beragam aliran seperti realis dan naturalis, dipamerkan dalam ajang seni bertajuk Bersama Dalam Sederhana ini. Mulai dari tokoh nasional, hingga kritik sosial.

Kurniawan Kakung, ketua penyelenggara pameran ini mengatakan, ada 15 perupa yang terlibat dalam pameran ini. Selain dari Tulungagung, mereka juga berasal dari Kediri dan Blitar.

“Beragam teknik lukis seperti painting, drawing dan phyrographi kita pamerkan dalam kegiatan ini,” katanya, Minggu 17 November 2019.

ORKESTANAM sengaja menggelar pameran di ruang terbuka, tepat patung RA Kartini karena ingin mengenalkan seni rupa ke masyarakat umum. Lokasi patung yang berada di area yang mudah diakses oleh masyarakat menjadi salah satu pertimbangannya.

“Selama ini banyak masyarakat yang belum mengenal tentang seni rupa. Kita ingin mengenalkannya ke masyarakat sehingga bisa meningkatkan tinkat apresiasi mereka terhadap karya lukisan,” imbuhnya.

Tidak hanya memamerkan lukisan, para perupa ini juga menggelar workshop melukis realis dengan teknik proyeksi mata. Dalam workshop tersebut dikenalkan pula teknik melukis dengan cat minyak kering. (pam/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here