Kue Brownis
Santi menunjukkan Brownis dan inovasi krupuk buatannya.

Kediri (Jatimsmart.id) – Kue Brownis, yang identik dengan rasa manis dan tekstur lembut ini, umumnya terbuat dari bahan tepung terigu, telur dan mentega. Namun, berbeda dengan Brownis buatan Sri Susanti, warga Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri ini. Brownis buatannya berbahan dasar ikan patin dan lele. Selain nikmat, Brownis tersebut kaya akan manfaat.

Sekilas brownis buatan Santi, terlihat sama dengan Kue Brownis pada umumnya , berbentuk kotak dengan berbagai macam taburan toping diatasnya .

Ide awal pembuatan kue ini bermula dari melihat banyaknya anak-anak yang tidak menyukai ikan. Padahal ikan memiliki nilai gizi yang tinggi.

“Dari itu saya berusaha membuat inovasi kue dengan bahan dasar ikan. Biar anak-anak tetap suka makan ikan,” kata Santi. Tapi sebelum membuat Brownis ikan, Santi telah membuat krupuk ikan, lalu barulah muncul ide membuat kue dengan bahan ikan patin dan lele.

Meski menggunakan bahan ikan, namun Brownis buatan santi tidak memiliki rasa dan aroma amis. Karena sebelum dicampur dengan bahan lainnya, ikan tersebut dikukus dan kemudian disangrai, “Aroma amisnya hilang,” imbuhnya.

Namun, karena terbuat dari ikan, menurut Santi, Brownis buatannya juga memiliki perbedaan rasa dengan brownis pada umumnya. Brwonisnya memiliki rasa gurih.

Saat ini penjualan kue Santi tak hanya sebatas Kediri, namun telah menembus pasaran di sejumlah kota di Jawa Timur melalui online. (ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here