Soto Ayam Bok Ijo
Soto Ayam Bok Ijo.

Kediri (Jatimsmart.id) – Dalam keramahan dan keharmonisan masyarakatnya, Kota Kediri menyimpan sejuta warisan resep kuliner legendaris. Selain Pecel Tumpang yang cukup terkenal, ada Soto Tamanan atau Soto Ayam Bok Ijo yang berjejer di kawasan Terminal Tamanan, Kota Kediri. Selain nikmat, harga Soto Bok Ijo pun cukup merakyat.

Soto Tamanan atau Soto Ayam Bok Ijo ini melegenda sejak Tahun 1969. Nama Bok Ijo sendiri dikenal karena lokasi berjualannya yang berada di sekitar Bok Ijo atau Jembatan Ijo saat itu. Kini para pedagang terpusat di Terminal Tamanan, 3 KM ke arah barat dari Alun-alun Kota Kediri. Selain itu, untuk menikmati semangkuk Bok Ijo, pecinta kuliner akan dapat dengan mudah menjumpainya di sepanjang Kelurahan Tamanan.

Baca juga :

Tak perlu ragu dengan rasa masing-masing pedagangnya. Meski memiliki ciri khas yang berbeda, namun kenikmatan kuah gurih dan kaldu Soto Bok Ijo ini dipastikan merata. Harganya pun cukup murah, dikisaran Rp. 6 ribu- Rp. 8 ribu. Selain buruan wisatawan, warga Kota Kediri pun tak bosan dengan kuliner khas Kota mereka.

“Walaupun sering makan Soto Tamanan tapi tak ada sedikitpun rasa bosa. Ya karena Soto Tamanan yang  lezat dan murah,” kata Aziz, penikmat soto tamanan.

Tak hanya Soto, masyarakat bisa memesan ayam bakar yang dipastikan ada di setiap pedagang. Mau bagian dada, paha atau kulit, pembeli bisa langsung request.

Soto Ayam Bok Ijo
Salah satu pedagang Soto Bok Ijo tengah menuangkan kuah soto.

Cak Mik, adalah salah satu pedagang yang cukup terkenal di kawasan Tamanan. Dia bahkan tak ingat kapan mulai berjualan. Saat ini puluhan mangkuk Soto habis setiap harinya. Tak ramai hanya wisatawan, yang banyak hadir di setiap akhir pekan. Melainkan warga Kota Kediri, di jam-jam sarapan maupun makan siang. (ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here