Prostitusi
LATIH: Pembinaan dan pelatihan terhadap WPS di Kediri.

Kediri (Jatimsmart.id) – Dinas Sosial Kabupaten Kediri memberikan pembinaan mental terhadap para Wanita Pekerja Seksual (WPS) di eks lokalisasi Dadapan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Kediri dalam rangka mewujudkan Jawa Timur bebas prostitusi tahun 2019.

Dengan menggandeng UPT Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Susila Jawa Timur, Kantor Kementerian Agama, dan Tokoh Masyarakat, Dinas Sosial Kabupaten Kediri melakukan pembinaan mental terhadap para WPS di eks lokalisasi Dadapan. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan alih profesi bagi para wanita pekerja seksual..

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang mencanangkan program bebas prostitusi tahun 2019. Oleh sebab itu, menurut Diah Saktiana, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Kediri, sebelum penertiban dilaksanakan, pihaknya mempersiapkan para WPS melalui program pembinaan dan pelatihan.

“Ada beberapa pelatihan keterampilan yang  bisa mereka pilih. Diantaranya pelatihan menjahit, tata rias, dan tata boga. Ini bisa jadi bekal mereka,” kata Diah.

Untuk diketahui, di wilayah Kabupaten Kediri, ada 9 eks lokalisasi yang kini masih beroperasi. Dari sejumlah tempat itu, sedikitnya ada 900 an orang WPS, yang didominasi warga luar Kediri.

“Kita akan keliling ke semua eks lokalisasi. Kita juga terus akan melakukan pemantauan agar jumlah itu tak malah bertambah,” imbuhnya.

Selain pelatihan keterampilan, melalui program pembinaan diharapkan memberikan pemahaman tentang risiko-risiko yang dihadapi tentang pekerjaan yang mereka pilih saat ini. (ydk)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here