Dewi Cemara
KOMITMEN: Bank Indonesia Kediri dorong Karangpatihan Ponorogo jadi Desa Wisata. (foto: BI Kediri)

Ponorogo (Jatimsmart.id) – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kediri memberikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dukungan Bank Indonesia terhadap Desa Karangpatihan menjadi Desa Wisata Cerdas Makmur dan Sejahtera atau Dewi Cemara.

Bantuan PSBI diwujudkan dalam rumah produksi Batik Ciprat yang diberi nama Rumah Harapan. Hadir dalam penyerahan ini, Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A. Johansyah.

Nasrullah, Kepala Tim KPw BI Kediri mengatakan, PSBI ini merupakan kelanjutan dari dukungan Bank Indonesia kepada Desa Karangpatihan yang telah diberikan sejak tahun 2010 silam.

“PSBI ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Karangpatihan, khususnya bagi masyarakat tuna grahita. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan pembuatan keset berbahan dasar kain perca dan kerajinan Batik Ciprat, masyarakat diharapkan mampu berpenghasilan dan hidup mandiri,” kata Nasrullah.

Lebih lanjut, diharapkan nantinya Desa Karangpatihan dapat menjadi Desa Wisata Cerdas Makmur dan Sejahtera atau Dewi Cemara. Hal ini senada dengan program yang diusung oleh Gubernur Jawa Timur.

Dalam acara tersebut KPw BI juga memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan serta membantu pemberdayaan masyarakat tuna grahita dan kaum duafa. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk zakat, infaq dan sodaqoh dari Ikatan Pegawai Bank Indonesia Kediri, sebagai wujud implementasi Bank Indonesia Religi. (rif/riz/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here