Majestik Panji Sekartaji
TARI: Salah satu penampil di Pagelaran Majestik Panji Sekartaji

Kediri (Jatimsmart.id) – Kembangkan wisata alam dan cerita Panji, Kota Kediri kembali menggelar Pagelaran Selomangleng. Pagelaran Selomangleng Bertajuk Majestik Panji Sekartaji ini digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Kediri, di kawasan Gua Selomangleng. Dalam pagelaran ini kembali menghadirkan beberapa seniman lolak, nasional dan manca negara.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar, menjelaskan, pagelaran ini selain mampu menjadi edukasi para pemuda tentang budaya dan tradisi bangsa, diharapakan kota kediri memiliki pagelaran yang berskala nasional maupun internasional.

“Selanjutnya ini dapat dikaitkan dengan kegiatan ekonomi, ini akan menjadi sebuah tontonan yang menarik untuk dinikmati sekaligus menggerakan ekonomi masyarakat agar ekonomi bisa tumbuh dan bergerak maju” kata Nur Muhyar, Minggu 20 Oktober 2019 sore.

Dalam pagelaran selomangleng ini, Disbudparpora mengundang budayawan dan seniman etnik dari dalam dan luar negeri, dengan kemasan alami dan tradisional. Namun demikian dalam pagelaran ini juga masuk unsur-unsur modern sebagai kolaborasi seni yang ada dikediri dengan daerah lain serta dari manca negara.

Seniman dan budayawan etnik yang hadir dalam pagelaran selomangleng ini diantaranya, Andi EsWe, Sang Maestro Tari Indonesia Didik Nini Thowok, Kaori Okada, Alexander B.G, Djarot BD, Igor De Almaida dari Brazil dan beberapa seniman lainnya. Sedangkan dalam pagelaran ini para seniman mempertunjukan seni kontemporer, tari topeng, pantonim, drama musikal dan lainya.

“Untuk konsep tahun ini lebih banyak pada musik yang etnik, kalau tahun lalu pada tari, kedepan kita akan gali lagi, mungkin apa yang nanti diminati , kita akan buat lebih baik lagi” pungkas Nur Muhyar.

Pembukaan pagelaran selomangleng dilakukan dengan ritual serta arak- arakan gunungan yang dibawa dari depan musium selomangleng menuju depan Gua Selomangleng. (ad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here