E-Voting
Proses E-Voting pemilihan Ketua OSIS di SMKN 1 Boyolangu Tulungaung

Tulungagung (Jatimsmart.id) – Pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS, di SMKN 1 Boyolangu, Kabupaten Tulungagung terlihat berbeda. Proses pemilihan tersebut tidak dilakukan dengan cara lama, menggunakan kertas surat suara. Para siswa menggunakan sistem E-Voting melalui website. Sistem tersebut merupakan karya siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sekolah tersebut.

Clarisa Arda, seorang siswa SMKN 1 Boyolangu mengaku, kali kedua mengikuti pemilihan ketua OSIS dengan menggunakan sistem E- Voting ini. Menurutnya sistem tersebut sangat simpel dan mudah. Siswa tidak lagi repot untuk melipat surat suara. Melainkan hanya menggunakan username dan pasword khusus. Setelah itu muncul foto calon kandidat beserta visi misinya.

“Kita tinggal memilih, tidak perlu repot,” katanya, Jumat (11/10).

Ini bukan kali pertama, SMKN 1 Boyolangu menggunakn Sistem E-Voting pemilihan ketua OSIS. Eri Susana, Ketua Panitia Pemilihan Ketua OSIS mengatakan, sistem ini berlaku sejak empat tahun terakhir. Membutuhkan waktu satu bulan untuk mempersiapkan proses pemilihan ini.

Semua dikerjakan oleh siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Termasuk sistem keamanan berlapis yang digunakan. Sehingga website E-Voting ini aman dari serangan hacker.

“Siswa juga tidak bisa memilih dua kali karena username dan pasword yang kita berikan berbeda setiap siswanya,” jelasnya.

Pembimbing OSIS SMKN 1 Boyolangu, Junaedi menambahkan pihak sekolah menyiapkan sebanyak 17 unit laptop untuk pemilihan ini. 1 laptop diperuntukkan untuk server, 1 lainnya untuk menampilkan perolehan suara, dan 15 sisanya untuk digunakan memilih. Sistem E Voting ini rencananya akan dikembangkan lagi, dengan berbasis android sehingga siswa bisa menggunakan hak pilihnya melalui gawai masing masing. (pam/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here