Oseng-oseng Jambu Mete
Proses pembuatan Oseng-oseng Jambu Mete.

Nganjuk (Jatimsmart.id) – Jambu Mete alias Jambu Monyet, selama ini hanya dikenal karena bijinya. Sebagai camilan yang renyah yang ukup akrab dengan lidah masyarakat di Indonesia. Namun, di tangan salah satu warga Nganjuk, buahnya dapat diolah menjadi Oseng-oseng Jambu Mete, makanan khas yang lezat dengan beragam kandungan gizi yang manfaat.

Adalah Rini, perempuan warga Desa Ngetos yang berhasil mengubah rasa sepat Jambu menjadi olahan Oseng-oseng yang lezat. Hanya dengan harga. Rp. 5 ribu perporsinya, oseng-oseng jambu monyet siap disantap bersama nasi jagung atau nasi tiwul hangat, ditambah ikan asin. .

Kini kuliner Oseng-oseng Jambu Mete menjadi salah satu menu andalan di warung Bu Rini yang berada di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

baca juga : Pedas Mantap Kuliner Legendaris Ayam Panggang Bangi

“Jambu Mete disini banyak,” kata Rini sembari memotong buah berair ini dirumahnya, di Desa Ngetos.

Terkait resep, Rini mengaku memperolehnya sejak masih kanak-kanak. Dulu ibunya biasa memanfaatkan segala macam buah-buahan yang tumbuh di pekarangan rumah sebagai makanan.

“Resep warisan dari ibuk dulu,” imbuhnya

Cara memasaknya pun sangat sederhana. Pertama buah Jambu Mete yang sudah masak diiris tipis-tipis sesuai selera, kemudian diperas untuk mengeluarkan getahnya dan dijemur. Setelah kering, Jambu siap diolah menjadi oseng mete.

baca juga : Soto Kambing 35, Kuliner Legenda Sejak Sebelum Merdeka

Tak hanya lezat, Jambu Mete mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Protein, dan Air. Jambu Monyet juga memiliki senyawa kimia yang bermanfaat sebagai Anti Bakteri dan Anti Septik, seperti Tannin dan Anacardic Acid.

Kini oseng buah Jambu Mete ini menjadi salah satu olahan kuliner khas Kecamatan Ngetos, Nganjuk, selain Oseng Pelem dan berbagai kuliner khas lainnya. (ap/ydk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here