Persik Kediri
Saat Persik Kediri mampu tumbangkan Madura FC di Stadion Brawijaya Kediri

Kediri (Jatimsmart.id) – Persik Kediri memastikan satu tiket ke babak 8 besar Liga 2 PSSI 2019, setelah di pekan ke 20 mampu menumbangkan tamunya Madura FC dengan skor 2-0. Jumat (4/10). Persik masih memiliki satu laga tersisa menghadapi Sulut United di pekan depan.

Bermain dihadapan ribuan Persik Mania, di Stadion Brawijaya Kediri, Faris Adhitama tampil menyerang sejak awal laga.

Macan Putih langsung membuka keunggulan di menit ke 11 melalui titik putih. Iqbal Nur Syamsu yang ditunjuk sebagai algojo sukses menaklukkan kiper Madura FC, Usman Pribadi. 1-0 untuk Persik.

Unggul 1-0, Persik masih menguasai laga. Namun, hingga babak pertama usai tak ada peluang berarti yang membahayakan pertahanan anak asuh Agus Yuwono. Sebaliknya, beberapa peluang didapat Laskar Jokotole sebelum jeda. Namun, tak ada lagi gol tercipta, skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua Macan Putih kembali mengambil inisiatif serangan. Kemenangan hari itu tentu akan membuat pasukan Budiardjo Thalib tidur dengan nyenyak, meski masih menyisakan satu laga menjamu Sulut United pekan depan.

Namun, kehilangan sejumlah pemain inti membuat permainan Persik tak begitu berkembag. Tak adanya Edo yang harus absen karena akumulasi kartu permainan Persik kurang berwarna. Begitu pula dengan lini depan. Absennya Septian Satria Bagaskara yang harus mengikuti Training Center (TC) bersama Timnas U-23 membuat Persik kesulitan menyelesaikan peluang yang tercipta.

Di babak kedua ini, lini tengah Persik Kediri kerap kali membuat kesalahan. Hal ini diakui oleh Budiardjo Thalib. “Kami sedikit kehilangan kontrol dan kami salah di lapangan tengah. Tapi saya bisa baca mereka punya permainan, mereka pakai tiga bek di belakang sejajar, sehingga saya tambah dengan dua striker dan satu gelandang,” kata Budi

Terbukti, srategi jitu Budi kembali membuahkan hasil. Wimba Sutan yang di masukkan di babak kedua itu, kembali mampu menjadi super sub dengan satu golnya di menit ke 79. Wimba mampu memanfaatkan umpan lambung Iqbal.

Gol Wimba sekaligus menutup laga sore itu. Persik tambah koleksi tiga poin.

“Saya ucapkan terima kasih banyal kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan teman-teman media, suporter, masyarakat Kediri, alhamdulillah. Saya bersyukur tanpa mereka saya nggak ada apa-apanya. Kami bersatu, kami kuat. Inilah hasilnya, kami tim pertama yang lolos ke 8 besar,” imbuh Budi

Persik Kediri memastikan satu tiket ke babak 8 besar, setelah pada laga lain, Martapura FC, Persis Solo dan PSIM tunduk dari lawannya. Poin 33 yang dikoleksi Macan Putih tidak dapat dikejar oleh Martapura yang poin maksimalnya 31 poin, Persis Solo poin maksimalnya 30 poin dan PSIM poin maksimalnya 33 poin. PSIM kalah head to head dengan Persik.

“Semoga sampai Liga 1,” tutup Budi. (ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here