24 C
Kediri
Sabtu, Maret 23, 2024

Perkembangan Batik di Kediri, Puluhan Perajin Tumbuh di Hampir Setiap Kecamatan

Saran Bacaan

Kediri (Jatimsmart.id) – Perkembangan batik di Kabupaten Kediri cukup luar biasa. Perajin-perajin baru muncul, hampir di setiap wilayah. Penciptaan motif yang beragam terus dilakukan, seiring penerimaan masyarakat yang positif. Tak hanya lokal, mereka merambah pasar nasional, hingga mancanegara.

Sekitar 30 perajin batik tumbuh dan berkembang di Kabupaten Kediri. Para perajin, dari berbagai skala, hadir di hampir setiap Kecamatan, di Kediri, Jawa Timur. Mereka bersaing secara sehat dengan inovasi motif baru yang kian menarik.

Diantaranya, adalah Asta Dadapan Indah, perajin batik tulis di Dusun Dadapan, Desa Sumberejo, Kabupaten Kediri. Perajin batik yang saat ini dikelola oleh generasi kedua ini semakin berkembang, seiring ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbedndawi oleh UNESCO, 2 Oktober 2009 silam.

“Perkembangan batik di Kabupaten Kediri cukup bagus. Banyak perajin baru, kecil maupun besar, bahkan di hampir setiap Kecamatan ada,” kata Adi Putra Wijaya, pemilik batik Asta Dadapan Indah, Rabu (2/10)

Adi mengakui kreatifitas para perajin di Kediri semakin inovatif dan memiliki khas masing-masing setiap perajin. Baik dari segi motif, pewarnaan dan gaya pencantingan. Ini jelas dipengaruhi oleh penerimaan masyarakat yang positif. Sebab, tak hanya pasar lokal, mereka umumnya telah merambah pasar nasional, hingga mancanegara melalui pasar online. Baik media sosial maupun  marketplace .

“70 persen pembeli kita dari luar, seperti Surabaya, Jakarta dan lain-lain. Sementara 30 persennya dari pasar lokal sini,” imbuhnya.

Sementara itu untuk Asta Dadapan Indah, memiliki keistimewaan pada batik tulisnya yang eksklusif. Dan juga cap, serta penggabungan keduanya. Batik tulis sendiri memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Tak heran jika harganya mampu menembus angka Rp. 4 juta, dari harga mulai dari Rp. 250 ribu.

Selain kreatifitas yang tinggi, batik tulis membutuhkan ketlatenan pengerjaan, mulai dari pembentukan pola, pencantingan, pewarnaan hingga proses finishing berupa pengulangan.  (ydk)

- Advertisement -spot_img

More articles

8 KOMENTAR

  1. I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
    I do not know who you are but certainly you’re
    going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

  2. Hi there I am so delighted I found your website, I really found you by mistake, while
    I was browsing on Askjeeve for something else, Anyways
    I am here now and would just like to say thanks a lot for a marvelous post
    and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the
    moment but I have saved it and also included
    your RSS feeds, so when I have time I will be back to
    read much more, Please do keep up the awesome work.

  3. Admiring the persistence you put into your blog and in depth
    information you offer. It’s good to come across a blog every once in a while that isn’t
    the same old rehashed material. Fantastic read! I’ve bookmarked your
    site and I’m adding your RSS feeds to my Google account.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru