kemerdekaan
Kapolres Kediri Kota saat memberikan keterangan pers di depan gapura kemerdekaan yang kokoh.

Kediri – Sebagai wujud syukur dan apresiasi terhadap para pejuang kemerdekaan, polisi di Kota Kediri membuat gapura yang berdiri kokoh di pintu masuk Mapolres Kediri Kota.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi kepada Jatimsmart.id mengatakan bahwa ide dan konsep gapura seluruhnya berasal dari para Kasat yang diwujudkan oleh anggota, dibantu tim event.

“Gapura yang berdiri dihalaman Mapolres Kediri Kota ini merupakan ide dan rancangan khusus dari para Kepala Satuan (Kasat) di Polres Kediri Kota. Setalah itu diwujudkan oleh anggotanya membentuk dan membangun gapura,” kata Anthon. Jumat, (16/8/2019).

baca juga :

Selain itu, Anthon juga memerintahkan seluruh jajaran polsek di Polres Kediri Kota untuk memasang ornamen bermuatan budaya lokal ini dalam gapura di Mapolsek. Tujuannya, mengangkat kearifan lokal dan juga meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat agar tidak terjadi disintegerasi bangsa.

Sebagai contoh, gapura Mapolres Kediri Kota, mengusung tema gunungan dengan ukiran cantik sebagai ciri khas Kediri dan lambang burung Garuda yang mencengkram Bhinneka Tunggal Ika. Diharapkan para penerus bangsa dapat meresapi dan meneladani perjuangan para pejuang yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan.

baca juga :

Selain itu sengaja membuat burung garuda, sebagai lambang bahwa Indonesia ini memiliki berbagai macam perbedaan namun tetap satu kesatuan.

“Selain kearifan lokal, pembuatan gapura yang dilombakan (Festival Gapura Cinta Negeri) ini juga wajib mengangkat tema SDM Unggul Indonesia Maju. Agar budaya setempat tidak tergilas dengan budaya asing. Jangan sampai negara kita kehilangan identitas aslinya, dan tergantikan oleh budaya asing,” Tegas Anthon. (ad)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here