Wiji Fitriani menangis dipelukan Khofifah setelah menerima tangan palsu. (foto: Instagram @khofifah.ip)
Wiji Fitriani menangis dipelukan Khofifah setelah menerima tangan palsu. (foto: Instagram @khofifah.ip)

Kediri – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan tangan palsu (Protesa) untuk Wiji Fitriani, gadis penderita gangguan jiwa asal Kabupaten Kediri yang nyaris memakan habis jari tangannya sendiri.

Khofifah menyerahkan langsung tangan palsu tersebut dirumah Wiji, di Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, pada Minggu 21 Juli 2019 dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kediri. Penyerahan pun diwarnai tangis haru Wiji, yang sangat bersyukur atas pemberian tersebut. Ia juga sempat meminta maaf ke para tetangga.

Khofifah memberikan protesa untuk Fitri yang kini tinggal bersama nenek Jirah (65) ini untuk memudahkan ia melakukan aktivitas sehari-hari.

“Ini saya rasa cukup advance protesa (tangan palsu)-nya. Mudah-mudahan semua tetangga disini bisa saling membantu,” kata Khofifah.

Baca Juga : Jenguk Wiji Fitriyani, Khofifah : Alhamdulillah Kondisinya Membaik Signifikan

Saat ini Khofifah telah menugaskan Puskesmas setempat untuk memantau dan memberikan pelayanan lanjutan bagi Fitri.

“Puskesmas dan TKSK saya harap bisa saling memberikan input informasi, sehingga kami juga bisa memberikan follow up lebih cepat,” imbuhnya.

Wiji sendiri sempat menjalani perawatan di RSJ Menur selama lebih dari dua bulan. Disana Fitri ditangani tim dokter yang juga dari RS Haji dan RSUD dr Soetomo.

Sejumlah dokter spesialis pun turun tangan. Dokter spesialis syaraf, spesialis paru, serta bedah plastik untuk menangani kejiwaan hingga luka ditubuhnya. Kini kondisi fisik maupun mental Wiji sudah membaik.

Khofifah pun sangat berterimakasih atas semua pihak yang membantu kesembuhan Wiji. Kerja sama terintegrasi antara rumah sakit dibawah koordinasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjadi faktor utama keberhasilan tersebut.

Pihaknya berharap, tetangga bisa saling mengawasi dan mendukung upaya penyembuhan Wiji.

“Fitriani masih sangat membutuhkan pendampingan serta perawatan secara berkelanjutan. Kondisi psikologisnya pun harus tetap terjaga agar jiwanya tetap stabil. Mari doakan Fitriani segera diberi kesembuhan,” pungkas Khofifah. (ydk/sam)

 

Baca Juga :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here