Dewan Tetapkan 3 Raperda Dengan Catatan
Dewan Tetapkan 3 Raperda Dengan Catatan

Kediri – DPRD Kota Kediri kembali gelar sidang paripurna penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Dalam sidang paripurna pandangan akhir penetapan persetujuaan tiga raperda dilakukan di Ruang Sidang DPRD Kita Kediri, Kamis (11/7/2019).

Tiga raperda ini adalah Pertanggung Jawaban pelaksanaan APBD Ta 2018, Raperda tentang penyelanggaraan perumahan dan kawasan pemukiman serta Raperda tentang perubahan atas peraturan daetah kota Kediri nomor 2 tahun 2015 tentang perusahaan air minum tirta dhaha.

Kendati semua fraksi di DPRD Kota Kediri setuju dalam penetapan 3 raperda ini, hampir mayoritas fraksi memberikan saran dan catatan dalam pelaksanaan APBD Kota Kediri Tahun Anggaran 2018.

Dalam sidang Paripurna ini Fraksi Gabungan Hanura Nasdem juga meyinggung tidak maksimalnya BUMD kota kediri, Fraksi Hanura-Nasdem ini meminta agar Pemerintah daerah melakukan pembenahan nanagenen pada BUMD yang tidak maksimal terutama pada NPL BPR Kota Kediri.

“Perlu ditingkatkan strategi masalah pengangguran, agro wisata di gunung klotok, serta sarana dan prasarana obyek wisata di Kota Kediri, pembenanhan manjemen dan NPL BPR Kota” kata Mudjono Jubir fraksi Hanura dan Nasdem.

Sedangkan Fraksi Geridra dalam pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 memberikan catatan agar ada perbaikan dan pembenahan pada perfanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, perbaikan itu diantaranya dengan memaksimalkan kinerja pada OPD dalam menyerap anggaran yang telah diajukan pada APBD 2019 serta Perubahan APBD 2019 dengan melakukan Perencanaan dan pelaksanaan yang matang dan terukur.

” Sehingga optimalisasi Pendapatan serta Realisasi belanja yang terwujud pada kinerja dapat tercapai .” kata Katino dari Fraksi Gerindra.

Sementara tekait hal ini Sekda Kota Kediri Budwi Sunu mengungkapkan terkait  BUMD seperti PD Pasar, PDBPR dan PDAM sejauh ini pihaknya terus melakukan evaluasi terkait kesehatan BUMD itu sendiri, dan terkait pertanggungjawaban APBD 2018 mengaku bersukur telah diterima semua fraksi.

“, Kita  akan nelakukan pembenahan secara bertahap, sedangkan terkait  pertanggungjawaban tadi pelaksanaan sudah bagus, penilaian sudah melalui BPK, sekaligus diperiksa KAP, alhamdulillah tahun ini kita dapat juga dapat WTP dari BPK” tandasnya. (ad/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here