Saat Launching program di Banyuwangi / foto : Instagram @Khofifah.ip
Saat Launching program di Banyuwangi / foto : Instagram @Khofifah.ip

Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kembali mengingatkan kepada warganya untuk tidak lagi repot mengantre di Kantor Samsat setempat, untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor. Menurutnya, kini ada inovasi baru, dengan pembayaran yang cukup dilakukan di minimarket (Indomaret).

Dengan layanan ini, pemilik kendaraan bermotor yang terdaftar di Jawa Timur dapat membayar pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK tahunan secara online di lebih 16.000 Indomaret di seluruh Indonesia.

“Khusus warga Jawa Timur. Mulai sekarang tidak usah repot-repot datang ke Kantor Samsat untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor. Cukup cari minimarket (Indomaret) terdekat dimana pun berada untuk melakukan pembayaran. Setelahnya, tidak usah pula datang ke Samsat untuk mencetak, karena kamu akan memperoleh e-TBPKP yang bisa disimpan di ponsel atau dicetak sendiri,” tulis Khofifah dalam akun Instagram pribadinya, @khofifah.ip

Lebih lanjut ia juga mengucapkan terimakasih pada Kepolisian Jawa Timur yang mampu memulai pelayanan pertama di Indonesia ini yang ia rasa sangat efektif bagi masyarakat Jawa Timur.

“Terima kasih kepada Kepolisian Jawa Timur yang memulai layanan super efektif bagi masyarakat Jatim. Pemprov Jatim juga ingin semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” sambung Khofifah.

Bukan Khofifah jika tidak ada pesan menarik di akhir caption setiap unggahannya. Dalam unggahan yang disertai 5 foto saat peresmian di Banyuwangi tersebut, mantan Menteri Sosial RI itu menyelipkan pesan menggelitk.

“Jangan sampai kamu menjadi tidak produktif, terus menjomblo, dan akhirnya terlambat menikah hanya karena waktunya dihabiskan untuk mengurus dokumen kendaraan bermotor. Maturnuwun,” tutup Khofifah.

Warganet ramai-ramai meninggalkan komentar di akun instagram tersebut, yang mengaku tersindir dengan kalimat ‘jomblo’ yang ia tulis. Namun, selebihnya warganet cukup mengapresiasi dengan inovasi ini.

Inovasi ini sebelumnya telah diluncurkan di Banyuwangi, Jawa Timur 24 April 2019 lalu bertepatan dengan pembukaan Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2019-24.

Dalam kesempatan itu, hadir Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa,M.Si, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur AKBP. Mohammad Aldian dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Boedi Prijo Soeprajitno,SH.,M.Si. Ketiganya lah yang melakukan soft launching pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tersebut.

Caranya, Wajib pajak hanya perlu membawa KTP dan STNK asli, kemudian kasir Indomaret memasukkan Nomor Polisi, Nomor mesin kendaraan, dan nomor HP wajib pajak.

Setelah membayar pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK tahunan secara online, para wajib pajak pun tidak perlu balik ke Samsat untuk mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran. Para wajib pajak akan menerima struk pembayaran dan SMS bitly dari Polri. SMS bitly itu berisi data ERI (Electronic Registeration & Identification). Sehingga bila SMS bitly itu di-klik maka akan muncul gambar Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP), yang bisa disimpan dalam ponsel atau dicetak serta sah dikepolisian. (ydk/sam)

 

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here