Siswa Tunanetra di Tulungagung Ikuti Ujian dengan Huruf Braille
Siswa Tunanetra di Tulungagung Ikuti Ujian dengan Huruf Braille

Tulungagung – Keterbatasan fisik bukan penghalang bagi Fajar Calvino Samsul Duha (20) untuk mengenyam pendidikan. Seperti siswa tingkat SMA/MA lainnya, Fajar, siswa SMA LB Tunanetra di Tulungagung ini, hari ini mengikuti Ujian Nasional di hari kedua. Selasa (4/2/2019).

Sebagai penyandang tunanetra, Fajar mengikuiti Ujian Nasional Berbasis Kertas. Dengan tekun dan  serius ia menjawab soal dengan menggunakan huruf braille.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh pihak sekolah untuk menyiapkan Fajar menjawab soal ujian nasional ini.

“Selain kita melakukan try out, pendalaman materi mata pelajaran yang diujikan juga dilakukan oleh guru.” kata Lilik Asmarini , Kepala Sekolah SMA LB PGRI Kedungwaru

Meski berjalan lancer, namun mata pelajaran matematika yang diujikan hari ini menjadi mata pelajaran yang cukup sulit dijawab olehnya.

Pihak sekolah sendiri berencana akan merekrut Fajar menjadi guru seni, usai dinyatakan lulus. Kemampuanya memainkan alat musik keyboard menjadi nilai tersendiri. Selain itu Fajar juga akan dibiayai untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Fajar mempunyai kemampuan bermain keyboard yang menarik. Sudah sering dapat job di luar,” imbuhnya.

Selain ingin melanjutkan kuliah, Fajar punya cita-cita ingin bermain keyboard mengiringi artis nasional, Judika. (pam/ydk)

 

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here