30.3 C
Kediri
Selasa, Februari 20, 2024

Pahamkan Gejala Menopause pada Wanita di Kediri, Melalui Seminar Kesehatan

Saran Bacaan

Kediri – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Kediri menggelar seminar kesehatan bertema “Menopause? Siapa Takut”. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua GOW Kota Kediri Lilik Muhibbah, Jumat (22/2/2019) di Ruang Joyoboyo Kota Kediri. Seminar ini menghadirkan narasumber yakni dr.Donny Irawan, Sp.OG, M.Kes, dari Rumah Sakit Bersalin Nirmala Kota Kediri.

Dalam sambutannya, Lilik Muhibbah mengatakan seminar ini digelar agar para anggota GOW Kota Kediri memahami tentang menopause. Apalagi gejala menopause pada setiap wanita berbeda. “Wanita yang mengalami menopause ada yang gejalanya sakit kepala adapula yang menstruasinya tidak teratur” kata Ning Lik.

Wanita yang akrab disapa Ning Lik ini mengungkapkan agar anggota GOW tidak takut dan khawatir saat menghadapi menopause. “Ibu-ibu disini tidak perlu takut dan khawatir. akan dikupas mengenai menopause,”

Baca Juga :

Ning Lik berharap seminar yang diberikan bermanfaat dan setelah mengikuti seminar ini, anggota GOW dapat membagikan ilmu yang didapat pada lingkungan sekitar. Karena setiap wanita harus mengetahui dan peduli terhadap menopause yang pasti akan dialami.

Pada kegiatan ini dr.Donny Irawan, Sp.OG, M.Kes, menjelaskan kepada peserta mengenai menopause dan gejala-gejala yang terjadi ketika wanita akan mengalami menopause. Menurutnya, setiap wanita harus mengetahui semua hal mengenai menopause dan keluhan-keluhan apa saja yang harus diketahui wanita saat terjadi menopause.

Mereka diimbau untuk menerapkan pola makan yang sehat dengan memperbanyak serat dan buah, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.

Menopause sendiri adalah masa berakhirnya siklus menstruasi seiring dengan proses penuaan, semua wanita akan mengalami proses ini.

Fase alami tersebut disebabkan oleh perubahan pada kadar hormon tubuh wanita. Menjelang akhir usia 30 tahun, kinerja ovarium akan menurun dan pada akhirnya berhenti memproduksi hormon reproduksi di kisaran usia 50 tahun.

Kegiatan ini diikuti oleh 175 anggota GOW Kota Kediri. Hadir dalam acara ini perwakilan pengurus dari setiap organisasi wanita yang ada di Kota Kediri. (ydk/sam)

 

Baca Juga :

- Advertisement -spot_img

More articles

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru