30 C
Kediri
Jumat, Maret 29, 2024

‎Tertinggi di Jatim, Dinkes Provinsi Beri Perhatian Khusus Penderita DBD di Kabupaten Kediri

Saran Bacaan

Kediri – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mencatat di awal 2019 ini, jumlah penderita Demam berdarah di Jawa Timur mencapai 3.686 penderita. Hingga saat ini 55 orang dinyatakan meninggal dunia akibat virus dari nyamuk Aedes Aegypti ini.

Kabupaten Kediri menempati posisi pertama, dengan penderita mencapai 416 jiwa dari rentang waktu Januari hingga awal Febuari 2019 ini. Dari 416 jumlah penderita itu, 12 diantaranya dinyatakan meninggal dunia.  Mereka yang meninggal dunia tersebut didominasi usia 15 tahun ke bawah.

Terkait hal itu,  Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur memberikan perhatian khusus terhadap merebaknya wabah penyakit demam berdarah yang terjadi di wilayah Kabupaten Kediri ini. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur  dr Kohar Hari Santoso, mendatangi Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan Unit Pelayanan Kesehatan Puskesmas Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Minggu (03/02/2019) siang.

Dalam kunjunganya itu, dr Kohar menyempatkan untuk bertatap muka dan berdialog dengan 16 kepala Desa yang sengaja didatangkan untuk diberikan pemahaman mengenai penanganan Demam Berdarah.

Dari hasil diskusi yang dilakukan ia  berharap PSN dapat ditingkatkan lagi secara mutu, melibatkan orang banyak, serentak dilaksanakan dan terjadwal dengan baik. Ia juga menginginkan pihak Dinas terkait harus memberikan pemahaman atau meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait penyakit demam berdarah

“Maka kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)  kita harus, masyarakat harus rutin ngosek jedingnya (kamar mandi) seminggu sekali. Kemudian yang melakukan monev dari aparatur kesehatan, Kelurahan, Kecamatan itu setiap tiga bulan sekali melakukan pemantauan di rumah penduduk. Sejauh ini langkah penanganan dari Kabupaten Kediri sudah cukup bagus” terangnya.

Usai pertemuan dengan sejumlah Kepala Desa ia kemudian mengecek kondisi lima pasien di ruang rawat inap Puskesmas Ngadiluwih yang diantaranya merupakan dua saudara kandung warga Desa Rembang Kepuh, Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Pihaknya juga mendatangi desa-desa di Ngadiluwih yang merupakan daerah endemis. Hingga menjelang malam, dr Kohar masih memantau dan berdiskusi dengan pemerintah desa dan para kader-kader kesehatan di desa tersebut. Ia bersama tim juga melakukan pemantauan langsung dilapangan.

Turut serta dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Dr Adi Laksono beserta staff. Dan kader-kader kesehatan di Kabupaten Kediri. (ydk/sam)

- Advertisement -spot_img

More articles

8 KOMENTAR

  1. Hi! I realize this is kind of off-topic however I had to ask.

    Does operating a well-established website like yours take
    a massive amount work? I’m brand new to operating a blog but I
    do write in my journal daily. I’d like to start a
    blog so I can share my personal experience and views online.
    Please let me know if you have any kind of recommendations or tips for
    new aspiring bloggers. Appreciate it!

  2. I do not know whether it’s just me or if perhaps everyone else experiencing problems with your website.
    It appears as though some of the text within your content are running off the screen. Can somebody else please comment and let
    me know if this is happening to them too? This might be a problem with my
    web browser because I’ve had this happen previously.
    Thank you

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru