Jokowi saat meresmikan empat proyek di Tulungagung.
Jokowi saat meresmikan empat proyek di Tulungagung.

Tulungagung – Setelah kemarin meninjau rehabilitasi irigasi Sungai Lodagung Lodoyo, Kali Bogel serta membagikan ribuan sertifikat tanah pada masyarakat di Kabupaten maupun Kota Blitar, hari ini Presiden RI Joko Widodo meresmikan penggunaan empat proyek di Kabupaten Tulungagung, Jumat (04/01/2019).

Keempat proyek tersebut adalah Rusunawa STKIP Tulungagung, Rusunawa IAIN Tulungagung, Rusunawa Masyarakat berpenghasilan rendah dan Jembatan Ngujang II. Peresmian keempat proyek ini dilakukan secara bersamaan di halaman kampus STKIP Tulungagung.

Usai peresmian, Joko Widodo menyempatkan untuk meninjau langsung bangunan Rusunawa tiga lantai di STKIP Tulungagung yang memiliki 39 kamar ini. Dua diantaranya diperuntukan bagi penyandang disabilitas. Setiap kamar sudah dilengkapi dengan perabotan seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi. Kapasitas per kamar dapat menampung empat orang serta hanya dua orang untuk kamar khusus disabilitas.

Jokowi menjelaskan dalam tahun 2018 lalu, pemerintah telah membangun 315 Rusunawa yang diperuntukkan bagi mahasiswa di Indonesia. Sebanyak 45 Rusunawa di bangun di wilayah Jawa Timur. “keberadaan Rusunawa ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa di perguruan tinggi Jawa Timur,” katanya.

Pembangunan Rusunawa ini merupakan salah satu komitmen pemerintah, untuk membangun satu juta hunian bagi masyarakat. Selain rusunawa mahasiswa, pemerintah juga membangun rusunawa bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu pemerintah juga membangun rumah bersubsidi dengan total 1.132 juta hunian selama periode ini. (ydk/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here