Kediri – Bersama Tim Satgas Pangan Pemerintah Kabupaten Kediri, Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal S.I.K melakukan sidak ke beberapa pasar tradisional di Kabupaten Kediri, Kamis (20/12/2018).

Sidak tersebut dilakukan untuk mengecek harga pasar dan menjamin ketersediaan bahan baku menjelang Natal dan tahun baru ini. Komoditas tersebut diantaranya daging sapi, daging ayam, beras, telur ayam, bawang merah dan cabai.

“Sidak ini kita lakukan untuk pengecekan pengontrolan stok pangan dan harga di pasaran,” terang AKBP Roni.

Dalam sidak tersebut diketahui harga ayam dalam minggu ini paling mengalami perubahan. Harga terus mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya. Pada saat sidak, harga ayam potong mencapai Rp 25.000/Kg. Sementara harga daging sapi tetap stabil di harga Rp 100.000/Kg.

Sementara itu menurut Tutik Purwaningsing, Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kediri kenaikan harga daging ayam ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya harga pakan ternak. Kenaikan harga pakan ternak membuat para peternak ayam menaikan harga jualnya untuk menutupi kebutuhan. Mereka juga harus terpaksa menurunkan harga ketika jumlah permintaan menurun.

“Permintaan pembeli ini juga sangat mempengeruhi harga jual. Ketika permintaan menurun sementara stok berlimpah, mereka akan menurunkan harga jual agar stok terjual,” ungkap Tutik.

Tim Satgas Panganpun juga melakukan pengecekan di Pasar Induk Pare. Petugas memantau keteraediaan stok dan harga sayuran, cabai dan bawang. Dalam satu pekan ini harga cabai dan bawang merah masih stabil. Begitu juga dengan sayuran lain.

Dari hasil pantauan ini pihaknya memastikan stok aman meski diakhir tahun akan ada peningkatan konsumsi masyarakat. Kenaikan harga dirasa masih cukup wajar. (ydk/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here