Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri melantik pekabat baru Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri Dede Sujana, S.Sos, M.Si. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri ini dipimpin oleh Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno di Pendopo Kabupaten Kediri. Selasa, (27/11/2018)

Dengan dilantiknya Dede Sujana, maka secara otomatis posisi PJ Sekda sebelumnya yang di jabat oleh Mohamad Solikin berganti, karena masa jabatan PJ Sekda selama kurang lebih 3 bulan yang terhitung sejak bulan Agustus 2018 itu kini telah habis.

Bupati Kediri Lantik Dede Sujana Sebagai Sekda Kabupaten Kediri
Bupati Kediri Lantik Dede Sujana Sebagai Sekda Kabupaten Kediri

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengatakan dengan dilantiknya Dede Sujana diharapkan akan memberikan semangat kerja baru di Kabupaten Kediri. Pengalamannya sebagai Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kediri diharapkan mampu bekerja secara matang dalam mengemban tugas-tugasnya.

 

“Saya bersyukur dalam dua pereode bisa bekerja dengan baik dengan pak Masykuri. Mudah mudahan dua pereode kita selesaikan dengan lancar. Pemilihan sekda ini, dari tiga (Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda) menjadi satu kesatuan. Adalah pemikiran bupati juga sama dengan sekda. Maka saya mengingatkan kepada saudara Dede harus bekerja sesuai Undang-Undang Dasar (UUD) 1945). Selain itu, kita punya rel lain yaitu agama, selama bertindak kita harus selalu berfikir apakah sudah sesuai dengan agama,” pesan Haryanti, Selasa (27/11/2018).

Proses pengangkatan Sekda, menurut Bupati Kediri melalui mekanisme yang panjang. Mulai dari pembentukan panitia seleksi, pendaftaran, pemilihan tiga peserta dengan nilai tertinggi oleh panitia seleksi dan terakhir pemilihan oleh Bupati Kediri. Proses tersebut dilakukan dengan terbuka dan kompetitif, memperhatikan kompetensi dan rekam jejak.

“Ini dengan pertimbangan yang matang. Karena sekretaris daerah bekerja melekat dengan bupati dan wakil bupati,” jelas Haryanti menambahkan.

Jabatan sekda, menurut Haryanti, mempunyai peranan yang sangat penting. Sebab, sekda membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan. Pihaknya mengajak sekda yang baru serta kepada seluruh pejabat untuk bergerak cepat mewujudkan pembangunan di Kabupaten Kediri. Baik, pembangunan infrastrukrur, pertanian, pendidikan dan sektor lainnya.

Sementara itu, Dede Sujana, selaku Sekda Kabupaten Kediri yang baru dilantik berjanji akan melakukan tugas dengan baik. Dirinya sangat semangat dalam bekerja dan sesuai dengan program kerja yang sudah ditetapkan Pemkab Kediri. “ hal lain yang harus diperhatikan adalah banyak belajar dari yang orang yang sudah berpengalaman dibidangnya” ujarnya.

Diketahui berdasarkan keputusan panitia seleksi nomor 27/Pansel-Sekda Kabupaten Kediri tahun 2018. Pada tanggal 2 November 2018 menetapkan hasil seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah Kabupaten Kediri yang memutuskan Dede Sujana sebagai Sekda Kabupaten Kediri. Sementara dua pesaingnya yaitu Ir. Adi Suwignyo. M. Si menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dan Drs. Mohammad Solikin, M. AP sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Poltik Kabupaten Kediri. (ydk/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here