Kediri – Menjelang pesta demokrasi 2019 mendatang, Muspika Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri bersama tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama FKUB. Pembentukan forum ini jadi embrio yang mengawali FKUB di tingkat kecamatan di Kabupaten Kediri.

Deklarasi pembentukan ini berlangsung di Markas Komando Rayon Militer 0809/21 Puncu . Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua FKUB Kabupaten Kediri H. Sanusi , muspika Kecamatan Puncu dalam hal ini camat Puncu Hadi Subagia, Kapolsek Puncu Akp. Sukarni Yusuf dan Danramil Puncu Kapten. Inf Sutrisno serta para tokoh lintas agama , tokoh masyarakat dan pemuda .

Acara tersebut dikemas dengan sederhana . dengan suguhan jajanan khas desa serta duduk bersila sebagai simbol keakraban.

Deklarasi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pemaparan tentang tujuan pembentukan FKUB , serta kata sambutan dari masing-masing pemuka agama .

 

Dalam pemaparannya. Komandan Koramil 0809/21 Puncu, Kapten. Inf Sutrisno menyebut FKUB Puncu ini lahir dari komitmen bersama seluruh muspika dan para tokoh di tingkat Kecamatan untuk membina persatuan dan kesatuan di tahun politik. Pada momentum menjelang pileg dan pilpres tahun 2019 ini, muspika Kecamatan Puncu berharap masyarakat tetap menjalin kerukunan meskipun berbeda pilihan.

“Demi terciptanya suasana yang aman dan kondusif di Kecamatan Puncu, terlebih ditahun politik ini. Beda pilihan tidak masalah yang penting tetap rukun dalam bingkai kebersamaan“ terangnya yang diikuti tepuk tangan dari semua yang hadir .

Harapan yang sama datang dari Ketua FKUB Kabupaten Kediri H. Sanusi. Menurutnya pembentukan FKUB tingkat Kecamatan Puncu ini akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa indonesia melalui pembinaan kerukunan dari tingkat bawah .

“Beberapa kali saya menyarankan, dan baru Puncu yang pertama mewujudkannya. Kemarin saya diundang, dalam hati saya, saya harus datangharus. Dan saya datang saat ini, semoga wilayah lain menyusul” Kata pria yang Juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kediri.

Pembentukan fkub tingkat kecamatan ini diakhiri dengan selamatan dan makan nasi pondokan bersama sebagai simbol kesederhanaan. (ydk/sam) 

berita menarik lain : Kominfo Kabupaten Kediri Berbagi Ilmu ke PWI Kota Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here