Ilustrasi
Ilustrasi

Kediri – Sebanyak 14 siswa SMA di Kediri dipastikan gagal lulus karena tidak mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Mereka absen pada saat ujian april lalu maupun ujian susulan.

Kasi Pendidikan SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kediri, Prayitno mengatakan, UNBK telah selesai pada awal April lalu dengan pihaknya menerima hasil siswa yang tidak mengikuti saat pelaksanaan maupun diadakan ujian nasional susulan. Dampaknya, siswa tersebut dipastikan tidak bisa lulus sehingga harus mengulang atau langkah terbaik ada kejar paket C.

“Untuk SMA Kabupaten ada 7 siswa, kota juga 7 siswa yang tidak ikut ujian nasional.” katanya.

Mereka dipastikan tidak lulus karena syarat kelulusan adalah siswa harus mengikuti ujian nasional dengan berapapun nilainya. Sementara syarat kelulusan lainnya adalah siswa menyelesaikan semua pelajaran dari semester 1 sampai 6, berkelakuan baik, serta nilai rata – rata dari semester 1 sampai 6 ditambah nilai rata – rata ujian sekolah berstandar nasional.

Lebih lanjut, Prayitno mengatakan standar kelulusan dibuat oleh masing – masing sekolah sehingga standar kelulusan setiap sekolah berbeda. Sehingga setiap sekolah membuat surat keputusan masing – masing yang diketahui oleh kepala cabang dinas pendidikan. (ydk/sam)

 

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here