Peserta dari kelas Yunior G sedang berfikir menentukan langkah buah catur
Peserta dari kelas Yunior G sedang berfikir menentukan langkah buah catur

Kediri – Ratusan pecatur cilik di Kediri berlaga dalam ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur Kota Kediri, Sabtu (4/5/2019).

Ajang tersebut digelar oleh Persatuan Catur Seluruh Indoneisa (Percasi) Kota Kediri untuk melahirkan bibit bibit unggul atlet catur, yang siap membawa nama harum Kota Kediri di kancah Nasional hingga Internasional.

“Harapannya ya melahirkan bibit bibit unggul atlet catur di Kota Kediri,” kata Tri Atmoko, S.Pd, SE, M.Sn, WN, FA, pelaksana pertandingan.

Kejuaraan yang terbagi dalam 7 kelas yunior putra putri ini di gelar di SMP Negeri 1 Kota Kediri.

Masing-masing peserta terlihat cukup serius menatap papan catur didepan mereka. Sesekali tampak mereka harus memutar keras otaknya, sejurus kemudian satu persatu buah catur dipindahkan dengan strategi khusus , dengan gerakan yang cepat untuk saling mengalahkan.

Tri yang sekaligus wasit ini mengaku cukup optimis dengan lahirnya bibit unggul di Kota Kediri. Kota Kediri menurut satu dari empat wasit di Jawa Timur berlisensi Internasional ini, memiliki potensi yang sangat luar biasa, dengan apresiasi dan dukungan yang positif dari berbagai pihak.

Senada dengan Tri, Agus Priyanto SKM, M.Pd Wakil Ketua Umum Percasi Kota Kediri mengatakan Kota Kediri memiliki potensi besar terutama lahirnya banyak pecatur cilik baru yang cukup berprestasi.

“Potensi kita cukup luar biasa,  terutama banyak bibit bibit unggul yang lahir. Bahkan kemarin 2018, ada adik kita mampu menyabet juara pertama kejuaraan catur tingkat nasional,” katanya.

Sementara itu saat ini di Kota Kediri telah banyak club club catur yang mendukung lahirnya banyak atlet baru. Percasi pun aktif memberikan pembinaan pembinaan ke club tersebut dengan berbagai kelompok tingkatan.

Ajang ini akan digelar selama dua hari. Final penentuan juara akan digelar Minggu 5 Mei 2019. (ydk/sam)

 

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here