Pengunjung melihat koleksi bunga anggrek di Kampoeng Anggrek.
Pengunjung melihat koleksi bunga anggrek di Kampoeng Anggrek.

Kediri – Kampoeng Anggrek di Dusun Sumberpetung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, saat ini tengah ramai dikunjungi wisatawan. Dengan tiket masuk yang relatif murah, hanya Rp.8.000 di hari-hari non tanggal merah dan Rp. 10.000 di hari besar & minggu (tanggal merah), tak heran jika kawasan wisata di lereng Gunung Kelud ini menjadi primadona masyarakat, termasuk pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini.

Penggabungan wisata dan edukasi juga menjadi daya tarik yang kuat. Selain bisa menikmati area wisata seluas 5 hektare ini, pengunjung juga bisa berswa foto dengan sejumlah spesies Anggrek yang cantik, pengunjung juga bisa belajar bagaimana membudidayakan tanaman tersebut, dimana Indonesia merupakan satu-satunya Negara di dunia yang memiliki spesies Anggrek terbanyak.

Selain Anggrek Bulan yang cukup terkenal, ada pula Dendrobium, Vanda, Oncidium, Cimbidium, dan Katleya. Pengunjung juga bisa membawanya pulang sebagai buah tangan dengan harga yang cukup murah, mulai Rp. 38 ribu hingga Rp. 120 ribu, mulai bibit dalam botol hingga tanaman berbunga.

Didik Yuli, Manager Kampoeng Anggrek mengatakan, untuk musim libur kali ini peningkatan pengunjung bisa mencapai 50 persen lebih. Mereka datang dari berbagai daerah, baik di sekitaran Kabupaten Kediri, hingga Surabaya, Yogyakarta, Tangerang, dan Jakarta. “Untuk musim libur kali ini sehari bisa mencapai 2000 hingga 3000 orang perhari, puncaknya nanti di tanggal 1 Januari” katanya

Selain menikmati keindahan dan eksotisme bunga bernama latin Orchidaceae ini, pengunjung juga bisa berkeliling menggunakan Mobil Kayu dengan jarak jangkauan kisaran 3,5 kilometer di area perkebunan seluas 400 hetare dengan tambahan tiket hanya Rp. 15 ribu. Mereka bisa menikmati hamparan kebun nanas yang sejuk, serta memetik Kakau dan bersantai di rumah pohon. Jangan lupa berselfie bersama Gorila dan Kelinci raksasa yang terbuat dari susunan jagung.

Kampoeng Anggrek terbilang wisata yang lengkap, di Kawasan Wisata yang berdiri sejak 2016 lalu ini, terdapat pula sejumlah binatang serta tumbuhan besar lain. Tak usah kwatir, pengelola menempatkan informasi tentang binatang dan tumbuhan itu di depannya.

Singgah di Kediri tak ada salahnya mampir ke Kampoeng Anggrek. Lokasinya sekitar 25 kilometer, menuju timur dari pusat Kota Kediri. (ydk/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here